• Overview
  • Trip Outline
  • Trip Includes
  • Trip Excludes
  • Reviews
  • Booking
  • FAQ

Ranu Kumbolo ialah sebuah danau air tawar yang ada dalam naungan pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terdapat di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau ini memiliki luas area kurang lebih 15 hektar.

Untuk beberapa pecinta alam serta backpacker, Ranu Kumbolo merupakan tempat yang tidak asing lagi. Lantaran danau ini adalah tempat transit untuk mereka yang akan meneruskan perjalanan untuk mendaki puncak Mahameru di Gunung Semeru yang disebut puncak paling tinggi di pulau Jawa.

Dengan debet air yang tidak pernah kurang, ranu kumbolo selalu memperoleh perhatian dari beberapa pendaki untuk membangun tenda/camping ditempat ini.

Ada kekhasan sendiri di balik indahnya ranu kumbolo, yakni saat matahari mulai terbit diantara dua buah bukit hijau yang nampak perlahan-lahan serta membuat perhatian mata kita tak dapat menampik untuk menikmatinya.

Belum lagi situasi danau saat kabut mulai turun di saat sore hari dipadukan dengan air danau sungguh panorama yang tidak dapat terucapkan. Sewaktu malam tiba kita bakal disuguhi gugusan bintang dari galaksi Bima Sakti yang belum pasti dapat kita saksikan pada saat kita ada di kota-kota besar lantaran silaunya sinar lampu kota yang demikian jelas.

Di sampingnya ada suatu bukit yang dinamakan ” bukit Cinta ” yang konon bila kita mendaki ke bukit ini dengan memikirkan orang yang kita cintai dengan tanpa menoleh kebelakang maka kita dapat bahagia bersamanya. Tetapi makin tinggi kita mendaki jadi makin hebat juga godaannya. Lantaran makin tinggi, jadi panorama Ranu Kumbolo dari bukit bakal tampak makin indah.

Itenerary tersebut bersifat tentatif, waktu trekking pendakian menyesuaikan fisik peserta.

Itineraries

Day 1

Date : July 17, 2021

Time : 2:09 am

Lunch, Dinner

07.00 – 08.30 : Meeting Point Stasiun Kotabaru Malang dan Menunggu peserta lain hingga lengkap
08.30 – 09.30 : Stasiun Kotabaru – Pasar Tumpang ( naik Angkutan)
09.30 – 10.30 : Repacking
10.00 – 12.00 : Pasar Tumpang – Pos Pendakian Ranu Pani ( naik jeep terbuka)
12.00 – 13.00 : Pengurusan administrasi pendakian, (makan pertama )
13.00 – 18.00 : Start trekking Pos Ranu Pani – Ranu Kumbolo ( jalan kaki, estimasi perjalanan 5 jam)
18.00 – : Makan ke-2 & Camp di Ranu Kumbolo, enjoy the view (tidur di tenda)

Day 2

Date : July 18, 2021

Breakfast, Lunch

04.30 – 07.00 : Bangun tidur, masak, Makan ke-3, Nikmatin Sunrise Ranu Kumbolo
07.00 – 09.00 : eksplore Ranukumbolo + Oro-oro ombo (jalan kaki)
09.00 – 10.00 : Kembali ke Ranukumbolo & persiapan
10.00 – 14.00 : Kembali ke Ranupane
14.00 – 15.00 : Makan dan persiapan kembali ke Malang
15.00 – 18.00 : perjalanan ke kota Malang
18.00- : Tiba di kota Malang - Finish
See You Next Trip with @TemanMbolang

Biaya termasuk :

  1. Transpot Malang-Tumpang PP (angkutan)
  2. Transport Tumpang – Ranupani PP ( Jeep terbuka)
  3. Simaksi ( tiket,ijin pendakian)
  4. Asuransi TNBTS (sampai Kalimati)
  5. Makan 4x (B,L,D)
  6. Perlengkapan camp, Tenda per kelompok (isi 3-4orang), sleeping bag, matras.
  7. Perlengkapan masak (kompor,gas,nesting)
  8. Perlengkapan Makan (piring,sendok,garpu)
  9. Porter tim (untuk kebutuhan kelompok)
  10. P3K kelompok
  11. Tour Leader Teman mBolang

Biaya tidak termasuk :

  1. Transport peserta dari tempat asal ke meeting point.
  2. Biaya pribadi dan kegiatan di luar itinerary
  3. Porter pribadi
  4. Surat Keterangan Sehat.
  1. :

    Pemandangan Ranukumbolonya keren abis, capeknya trekking terbayar pas dah ampe lokasinya, timnya keren abis nganterin kita dengan sabar. Sukses terus Teman Mbolang

Add a review

  • Pricing Name
    Start
    End
    Group (Min-Max)
    Pricing
     
  • Pricing Name reguler
    Start Monday August 2, 2021
    End Monday August 2, 2021
    1 - 4 Pax
     
    Available Seats: 4

    Adult ( 1 - 4 Pax ) Rp 700,000.00 Rp 695,000.00 /Person

    - +

1. Fotokopi identitas resmi (KTP/Kartu Pelajar/KTM/SIM/Pasport) yang masih berlaku untuk semua peserta pendakian;
2. Bukti identitas asli ketua (KTP/Kartu Pelajar/KTM/SIM/Pasport) wajib diserahkan kepada petugas selama masa pendakian;
3. Pendaki Gunung Semeru yang diizinkan mendaki minimal berusia 10 tahun dan maksimal 60 tahun;
4. Bagi calon pendaki yang berusia kurang dari 17 tahun, di samping identitas diri bersangkutan harus menyertakan Surat Izin Orang Tua/Wali yang ditandatangani di atas materai senilai Rp. 10.000, serta dilengkapi fotocopy KTP dari orang tua/wali, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran;
5. Surat Keterangan Sehat asli termasuk bebas dari ISPA, bertanda tangan dan berstempel basah dari fasilitas pelayanan kesehatan dengan tujuan akan digunakan sebagai persyaratan untuk melakukan pendakian Gunung Semeru, yang berlaku paling lama 3 (tiga) hari sebelum hari pendakian;
6. Ketua kelompok bertanggung jawab terhadap kelengkapan administrasi, keselamatan anggota dan bertanggungjawab membawa sampah turun kembali;
7. Semua calon pendaki yang telah memenuhi persyaratan administrasi wajib mengikuti pengarahan/briefing yang dilaksanakan oleh pengelola atau pihak yang ditunjuk oleh pengelola;
8. Semua calon pendaki wajib mematuhi Protokol Kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru;
9. Proses pemeriksaan barang dilakukan oleh petugas setelah ketua kelompok melakukan pencatatan jenis barang bawaan pada bagian belakang lembar surat izin.
10. Ketika trip dalam kondisi yang sehat dan prima. Tidak mempunyai riwayat penyakit yang membahayakan bagi diri sendiri atau orang lain.
11. Batas lama pendakian yang diizinkan maksimal adalah 3 (tiga) hari dan 2 (dua) malam.
12. Batas Aman Pendakian yang direkomendasikan oleh PVMBG adalah di Kalimati.
13. Batas Akhir Pendakian yang diizinkan adalah di Kalimati.
14. Pendaki yang melakukan tujuan khusus seperti penelitian, pengambilan foto untuk tujuan komersil, pembuatan video/film dan lain-lain, wajib mengurus SIMAKSI ke kantor Balai Besar TNBTS.
15. Pendaki dilarang membawa drone. Peralatan drone hanya digunakan untuk kegiatan Penelitian, Riset, SAR dengan surat izin khusus dari Kantor Balai Besar TNBTS. Pendaki yang terbukti membawa peralatan drone yang peruntukannya tidak sesuai ketentuan, dikenakan sanksi.
16. Pembayaran Down Payment (DP) 50% pada saat booking tanggal wisata, dan pelunasan pada saat penjemputan di meeting point.
17. Pendaftaran tanpa disertai deposit bersifat tidak mengikat dan dapat dibatalkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Peserta.
18. DP yang sudah di transfer tidak dapat ditarik kembali tapi dapat digantikan ke orang lain.
19. Pembatalan :
a. Pembatalan sepihak dari Peserta, maka DP yang sudah ditransfer tidak dapat dikembalikan.
b. Pembatalan dari pihak Teman Mbolang Adventure dikarenakan kuota pendakian tidak tersedia dari Taman Nasional, maka DP akan dikembalikan penuh.
c. Apabila Kuota peserta tidak mencukupi minimal keberangkatan, maka ada voting untuk tetap lanjut berangkat dengan biaya yang menyesuaikan atau batal berangkat dan biaya dikembalikan.
d. Pembatalan yang dilakukan oleh karena bencana alam, perang, wabah penyakit, aksi teroris atau keadaan “Major Majeure” lainnya, maka ketentuan-ketentuan di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan untuk biaya yang sudah disetor akan dikembalikan sesuai dengan permusyawarahan bersama.
(Force Majeur; Suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindari sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya).
20. Semua peserta yang sudah booking dan ikut trip Teman Mbolang, dianggap mengerti dan menyetujui semua ketentuan di atas, dan tidak melakukan tuntutan yang berlebih.