Site Loader

TIPS PERSIAPAN MENDAKI KE RANU KUMBOLO (GUNUNG SEMERU)

Udah pada tau kan kalo jalur pendakian Gunung Semeru sudah resmi di buka pada tanggal 1 April 2021 ? Salah satu destinasi favorit jalur pendakian Gunung Semeru tentu saja Ranu Kumbolo. Meskipun Ranu Kumbolo termasuk dalam pendakian yang tidak terlalu berat, tetap saja kamu harus mempersiapkan fisikmu dengan baik.

Nah kalo fisik sudah siap, tinggal nyiapin peralatan hiking yang wajib banget kamu bawa. Kenapa wajib? Karena demi keselamatan kamu saat pendakian. Pasti kamu gak mau kan, sampai di Ranu Kumbolo malah ga bisa menikmati hanya gara-gara persiapan yang kurang matang?

 

Apa saja sih yang sebaiknya disiapkan sebelum melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo? Yuk di simak !!!

 

1.    Sun Protection

Sun protection ini ada banyak ya wak. Contohnya : kacamata hitam, sun block, buff, lip balm, sun screen dan lain-lain. Dengan lama perjalanan menuju Ranu Kumbolo sekitar 5-6 jam, pelindung matahari ini sangat penting supaya kulitmu tetap terlindungi dari sinar matahari. Suhu boleh dingin, tapi panasnya matahari tetep aja bisa membakar kulit kamu. Gak mau kan pulang dari Ranu Kumbolo kulit malah gosong? Atau yang paling parah terkena iritasi (merah-merah dan perih) karena terbakar sinar matahari!

 

2.    P3K

Tidak ada satu pun pendaki yang berharap menggunakan peralatan ini, tapi ini alat wajib yang harus TemanMbolang bawa saat mendaki karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di gunung. Biasanya kami membawa obat-obatan yang umum digunakan saat mendaki ketika mengantar nawak-nawak TemanMbolang, salah satu contohnya : oksigen portable, sanitizer aerosol, obat spray kram otot (ethil chloride), obat pusing, obat flu, obat alergi dingin, obat asam lambung, obat masuk angin, obat luka dan perban / hansaplast.

 

3.    Alat Navigasi

Bukan berarti jalur pendakian di depan mata terlihat lalu TemanMbolang tidak bisa tersesat ya, wak. Sekarang zaman sudah canggih, alat navigasi yang kami maksud di sini bukan kertas peta seperti di film-film harta karun gitu wak hehe. Kami biasanya menggunakan aplikasi “altimeter” yang tanpa menggunakan signal pun bisa diakses untuk menentukan arah ketika tersesat. Jadi, pastikan aja handphone kamu full charged untuk alat dokumentasi perjalanan (tentunya) dan untuk alat navigasimu.

 

4.    Survival Kit

Untuk mendukung perjalanan kalian, survival kit ini sangat dibutuhkan lho! Ada standart survival kit yang kalian bisa searching dan beli di e-commerce ­Kesayangan TemanMbolang.

 

5.    Makanan & Minuman

Risetlah jalur pendakianmu, apakah di sana ada sumber air yang melimpah? atau tidak ada sumber air sama sekali? Dengan riset yang tepat, air dan makanan yang kamu bawa tidak akan kurang juga tidak lebih. Tapi tenang saja, di Ranu Kumbolo sangat melimpah airnya, apalagi di musim pendakian seperti sekarang ini, di tiap pos pendakian menuju Ranu Kumbolo (sampai Kalimati pun) banyak penjual makanan kok, yang paling juara sih pisang goreng petis dan semangkanya hehe Pastikan saja uang kamu cukup wak J

 

6.    Pakaian Khusus

Pilihlah pakaian yang memang khusus untuk pendakian, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pilihlah bahan kaos yang mudah kering, lebih bagus lagi kalo sudah memiliki teknologi heat tech. Pilihlah jaket yang tipis tapi hangat, bulu angsa sangat direkomendasikan karena packingnya tipis tapi hangat di badan. Pilihlah juga sepatu yang nyaman, jangan kebesaran atau kekecilan supaya kakimu tidak mudah lecet. Dengan ketinggian 2400 mdpl, Ranu Kumbolo tidak akan ramah ke kamu yang tidak membawa baju khusus. Dingin waakkk!!

 

7.    Tenda atau Bivak

Bivak biasanya dibawa oleh pendaki yang planningnya tektok atau yang kuat sama dinginnya angin Ranu Kumbolo. Nah soal tenda, pastinya akan dibawa ke Ranu Kumbolo dong ? Masa ke Ranu Kumbolo gak mau nginep ?

 

8.    Tas Carrier

Dari semua barang yang wajib di bawa, tentu butuh tas yang tepat. Pilihlah yang sesuai dengan postur tubuh TemanMbolang, sehingga membawa beban yang beratpun akan terbantu dengan tas yang sesuai.

 

9.    Matras dan Sleeping Bag

Kedua barang ini WAJIB ya teman-teman. Kalian tidak akan diizinkan mendaki ke Ranu Kumbolo oleh petugas loket tanpa membawa sleeping bag dan matras karena berfungsi untuk mengurangi resiko hypotermia.

 

10. Tiket Masuk (online)

Dari semua tips di atas, TemanMbolang tidak bisa melakukan pendakian jika tidak membawa tiket. Kalian bisa mendaftar secara online bersama teman-teman mbolangmu di alamat link TNBTS (https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/)

 

Bagaimana wak ? Sudah siap ke Ranu Kumbolo bareng TemanMbolang belum ?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *